masuk sekolah jam 5 pagi

Sampai dengan saat ini saya belum bisa berfikir tentang masuk sekolah pada jam 5 pagi, diSD tempat anak saya sekolah ada murid yang pada jam 4.50 pagi hari sudah bernagkat ke sekolah, entah mulai belajar megajarnya jam berapa dan pulangnya jam berapa.

pada saat saya melihat hal itu saya sempat berfikir, belajar mengajar yang bagaimana sampai membutuhkan jm pelajaran mulai jam 5 pagi dan prestasi apa yang ingin dikejar sampai membutuhkan jadwal belajar seperti itu. kalau untuk prestasi yang cemerlang akan timbul pertanyaan, apakah dengan sekolah mulai jam 5 pagi prestasi anak2 itu akan cemerlang? entahlah. karean menurut saya keberhasilan itu bukan dari jam berapa kita mulai  tetapi bagaimana cara kita bejajar dan mengajar.

saya kasihan pada anak2 sd tersebut bahkan saya memikirkan anak saya apakah nanti juga seperti itu, pagi-pagi sekali harus bangun dan bersiap untuk pergi sekolah, siang pulang dan tentunya akan capek, istirahat, dan mlm harinya hrs belajar lagi, kapan anakku bermain? menikmati masa kecilnya?

apakah untuk prestasi murid atau untuk prestasi sekolah? naif sekali jika hanya utnuk prestasi sekolah anak-anak didik dimanfaatkan untuk dipacu supaya belajar lebih banyak, yang seharusnya belajar lebih pintar dan mengajar lebih tepat dan efektif dan efisien.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar