Kawah Wurung

Kawah = Kawah, Wurung Tidak jadi atau gagal, jadi kawah wurung adalah kawah gunung berapi yang tidak jadi alias gagal. Kawah Wurung terletak di daerah Kabupaten Bondowoso persisnya di barat laut Gunung Ijen, jika ditempuh dari Kab. Bondowoso sebelum memasuki area gunung Ijen belok ke kanan memasuki perkebunan kopi, jika dari arah kab. Banyuwangi setelah pos Kawah Ijen belok ke kiri. Dari pos Gunung Ijen kira2 sekitar 2 km .

Kawah wurung belum banyak diketahui oleh wisatawan karean memang letaknya yang jauh masuk melewati area pekebunan dan akses jalannya masih tanah berpasir, batu dan berlubang-lubang, namun bagi apara Offroader  Kawah wurung  bukan lokasi yang asing kareana menawarkan pemandangan yang eksotis dan jalur yang lumayan menantang untuk dilewati mobil offroad atau motor  trail.

Kalau untuk menikmati pemandangan paling bagus pada sore hari karea kita bisa melihat sunset hingga matahari menghilang dari sisi bukit yang sebelah barat, udara yang sejuk sangat cocok jika berkunjung kesana membawa kopi panas dan camilan polo pendem.

Kita juga bisa turun ke dasar Kawah Wurung tersebut dengan menuruni bukit atau dengan jalur memutar dar bukit sebelah barat jika ingin jalur yang lebih nyaman.

Sebenarnya untuk menuju Kawah Wurung bisa ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor standard tetapi memerlukan kehati-hatian dan konsentrasi serta waktu yang lebih.