Setiap orang adalah Wartawan






Setiap orang adalah seorang wartawan.

Wartawan adalah seseorang yang membawakan berita atau menyampaikan berita, jadi siapa saja yang menyampaikan berita atau membawa berita baik tulisan maupun lisan maka dialah seorang wartawan, tidak harus bergabung  dengan perusahaan koran atau majalah, tv, radio, atau perusahaan pemberitaan lainnya.

Ketika berbicara peda seseorang menyampaikan suatu kabar maka kita sudah bisa disebut soerang wartawan. Seorang wartawan harus jujur apa adanya, berita yang disampaikan harus sesuai fakta, sesuai dengan keadan yang sebenarnya, jika kabar berita itu dari orang lain maka sumbernya harus sah atau valid yaitu orang yang berkompeten dengan berita yang ak disampaikan. 

Untuk memulai menjadi seorang wartawan cukup mulai menuliskan tentang apa yang akan disampaikan, lebih sempurna apa bila ditambah dengan foto. Kita bisa menulis  dengan sederhana apa yang kita lihat atau yang kita dengar. Jika sudah pro kita akan mengejar berita.
Isi berita harus menarik, kata menarik ini sangat relatif karena tergantung dengan kepada siapa berita ini akan kita sajikan, tentunya jika tujuan kita ke ibu-ibu berita politik akan kurang menarik, yang cocok untuk ibu-ibu adalah berita seputar masakan, mode, artis, dan sosial mengenai keluarga dan anak-anak. Jika untuk bapak-bapak bisa seputar sosial ekonomi, kemasyarakatan, bisnis dan politik.

Mulailah menulis, apa saja tidak harus runtut seperti syarat untuk menjadi wartawan profesional, cukup menulis apa yang ada otak, apa yang kita liahat dan kita dengan, segeralahuntuk ditulis, maka anda akan menjadi wartawan profesional dengan sendirinya ditempa oleh waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar